Friday, 21 October 2016

PENULISAN SURAT LAMARAN KERJA YANG BENAR



Menulis surat lamaran kerja wajib dipenuhi oleh setiap pelamar kerja. Tanpa surat lamaran semuanya tak berarti. Instansi swasta maupun pemerintah mewajibkan pelamar pekerjaan untuk membuat surat lamaran pekerjaan. Oleh sebab itu sebelum menulis surat lamaran pekerjaan, sebaiknya dipahami tentang surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Kebanyakan para pelamar kerja menganggap surat lamaran itu sesuatu yang biasa saja tanpa kekhususan. Atau seringkali seorang tidak mampu membuatnya sehingga menyalin kepunyaan teman. Sudah pasti hal yang demikian ini akan dibuang begitu saja oleh perusahaan pembuka lowongan.
Pada dasarnya, surat lamaran kerja merupakan alat komunikasi tertulis antara pelamar dan perusahaan. Jika surat yang kita jadikan alat ini tepat dan benar, menarik dan memenuhi sasaran, tentu permohonan kita jadi lancar. Kita mendapat panggilan karena diperhatikan.

Surat lamaran itu merupakan wakil kita pertama saat menghadap ke perusahaan. Karena itu surat lamaran harus ditulis dengan tangan, kendatipun ada yang tidak mengharapkan begitu. Surat lamaran harus ditulis dengan tangan, agar perusahaan dapat mengetahui kepribadian calon tenaga kerja yang dipilihnya. Surat lamaran yang ditulis rapi dan bersih dari kotoran mencerminkan sifat hati-hati dan sangat teliti dari pemiliknya. Sedangkan surat lamaran yang ditulis acak-acakan, kotor terkena bekas tangan dan jari, apalagi kumal, mencerminkan sifat ceroboh dari penulisnya.

Masalah kepribadian merupakan suatu hal yang dianggap sangat penting bagi perusahaan. Pada umumnya materi awal wawancara berkisar tentang bagaimana perusahaan itu meneliti kepribadian sang pelamar kerja.
Surat lamaran pekerjaan memiliki perbedaan dengan surat-surat pada umumnya, meskipun sama-sama sebagai media komunikasi. Perbedaannya yaitu, surat lamaran harus ditulis dengan kalimat pada dan formal. Tidak diperbolehkan menulis kalimat basa-basi pada surat lamaran. Surat lamaran harus ditulis dengan kalimat yang baik dan benar dan mengandung makna permohonan atau pengharapan agar bisa diterima diperusahaan tersebut.

Surat lamaran kerja termaksud golongan surat dinas atau resmi. Surat dinas atau resmi selalu meliputi bagian pembukaan, bagian uraian (isi) dan bagian penutup.

BAGIAN PEMBUKAAN
Bagian pembuka surat lamaran kerja berisi tentang sumber keterangan yang kita dapatkan. Dari mana informasi yang didapatkan, biasanya ditulis pada bagian pembuka ini. Bagian pembuka surat meliputi :
a.     Tanggal surat
c.      Hal atau perihal
d.     Alamat yang dituju
e.      Salam pembuka
f.       Paragraf pembuka

No comments:

Post a Comment